Kawasaki J125 masuk dalam keluarga J series kawasaki dan mendampingi saudaranya ( kakaknya ) yakni J300. Namun berbeda dengan kakaknya tersebut, J125 menggendong kapasitas mesin yang cenderung lebih kecil. Sebagai informasi, matik ini terlahir bukan dari tangan kawasaki sendiri melainkan hasil kerjasamanya dengan pabrikan asal taiwan Kymco. Namun meski demikian cita rasa ala kawasaki masih jelas tampak di matik bertubuh besar ini.
Matik ini hadir untuk semakin mewarnai serta memperpanas persaingan matic premium di dunia. Kawasaki J125 menjadi pesaing bagi matic yang lebih dulu hadir seperti Honda Forza 125, Suzuki Brugman 125, Yamaha Nmax, Yamaha XMAX dan lain-lain. Di pasar global, matik ini dilepas dengan 2 pilihan warna yakni Metallic Anthracite Black dan Metallic Frosted Ice White.
Kawasaki J125 Metallic Anthracite Black |
Kawasaki J125 Metallic Frosted Ice White |
Desain dan Dimensi
Sebagai adik, Kawasaki J125 ternyata memiliki desain yang serupa dengan J300. Jika keduanya di dekatkan keduanya benar-benar mirip. Mengusung tampilan maxi scooter premium khas eropa dengan memakai wajah besutan dari motor sport kawasaki ninja. Lebih tepatnya mirip dengan Ninja 250 / 300. Lalu seluruh bodinya menggunakan grafis dan guratan elegan khas pabrikan kawasaki. Untuk ukuran dimensi sama antara keduanya yakni panjang 2,235 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1,260 mm.
Lanjut, disektor ergonomi, Kawasaki J125 terbilang nyaman. Stang kemudi terletak agak tinggi lalu dibarengi dengan jok pengendara yang lebih kebawah, membuat tubuh rider tegak saat berkendara. Membuatnya tak cepat pegal dan juga capek. Joknya sendiri tebal & dibuat begitu sporty, bagian pengemudi dan pembonceng terpisah dengan sisi pengendara yang lebih kebawah sedangkan pembonceng lebih keatas.
Tinggi joknya sendiri 775 mm, jadinya matik Kawasaki J125 ini dengan mudah di naiki oleh orang indonesia yang punya postur tubuh yang cenderung lebih pendek dibandingkan dengan orang luar negeri sana. Sebagai matik yang punya ukuran bodi besar, J125 memiliki jarak sumbu antar kedua roda 1,555 mm dan menjadikannya bisa berbelok dengan mudah saat ditikungan.
Tak seperti Honda PCX dan Yamaha Nmax yang punya berat 127 dan 129 kg. Matik bongsor kawasaki ini punya berat hingga 182 kg. Cukup berat memang sehingga memang butuh tenaga ekstra untuk bisa mengendarainya. Jarak terendah ketanah 145 mm, sehingga masih cukup bisa jika digunakan ketika sedang terjadi banjir.
Performa Mesin
Kawasaki J125 |
Untuk mengalirkan tenaga, kawasaki J125 mengandalkan transmisi otomatis CVT dengan kopling centrifugal yang dikombinasikan dengan belt. Diatas kertas matik kawasaki J125 ini memiliki tenaga maksimal mencapai 10,3 KW ( 14 PS ) / 9000 rpm dengan torsi max 11,5 Nm. Dalam sebuah test ride yang dilakukan, J125 ini bisa berlari dengan top speed atau kecepatan maksimal sekitar 112 km/jam.
Kemudian bicara mengenai konsumsi bahan bakar, dengan mengandalkan teknologi injeksi Ø 27 mm x 1, matik Kawasaki J125 ini dengan kondisi tangki penuh 13 liter bisa membawa rider menjelajah cukup jauh. Konsumsi BBM nya disinyalir sekitar 25 km/liter.
Frame dan Kaki-Kaki
Sebagai motor matik yang standar eropa, Kawasaki J125 dibangun dengan frame tipe Tubular Diamond Steel. Tak hanya di motor matik ini saja, matik-matik kenamaan juga kerap memakai frame model ini karena memang ringan, kuat dan lentur dan cocok dengan karakter motor matik yang mengutamakan kenyamanan.
Kawasaki J125 |
Di bagian depan terpasang suspensi tipe teleskopik 37 mm yang berguna sebagai peredam getaran. Kemudian untuk suspensi belakangnya Kawasaki J125 menggunakan Twin Shock ( shock ganda ) yang terpasang di samping kanan dan kiri. Dan menariknya, Twin Shock ini bisa diatur tingkat kenyamanannya hingga 5 pengaturan. Mau model santai hingga model ngebut bisa dilakukan oleh rider.
Meski kapasitasnya cuma 125cc, namun yang namanya motor kelas eropa J125 ini hadir dengan perangkat keamanan yang terbilang lengkap. Piringan cakram tunggal 2 kaliper piston 260 mm terpasang di bagian depan. Sedangkan dibelakang pakai cakram tunggal 2 kaliper piston 240 mm di belakang.
Dan sektor pengereman di sempurnakan dengan Teknologi Anti Lock Brake System ( ABS ). Kawasaki J125 menggunakan pelek 14 inchi di depan dan 13 inchi dibelakang. Kemudian ban tubeless yang dipakai ialah ukuran 120/80 - 14 M/C 58S di depan dan 150/70 - 13 M/C 64S.
Fitur Istimewa
Terlahir dengan standar matik eropa, bisa dipastikan bahwa Kawasaki J125 ini punya fitur melimpah yang menjadi keunggulannya. Apa saja kah itu? baiklah dimulai dari Adjustable Brake Lever, yakni fitur yang memungkinkan handle rem baik yang kiri ataupun kanan bisa disesuaikan posisinya sesuai kebutuhan. Ada 4 opsi pengaturan yang bisa dipilih oleh para rider.
Berikutnya ada semacam kotak penyimpanan di area depan ( Handy Glove Box ), bisa menampung barang keperluan dengan berat maksimal 1,5 kg dan terdapat pula colokan buat charger hp atau gadget lainnya dengan daya 12 V. Lalu ada pula gantungan untuk menggantung barang yang terbungkus plastik atau lainnya yang bisa menahan beban maksimal 3 kg.
Lanjut, ada Instrumen kombinasi analog dan digital. Analog menunjukkan indikator speedometer dan tachomeer. lalu yang ada di Layar LCD meliputi odometer, dual trip meter, jam, indikator bahan bakar, service mode, indikator suhu pendingin dan Indikator peringatan mesin. Lalu ada Key System canggih yang bisa menghindarkan dari tindakan pencurian.
Matik ini memiliki kapasitas bagasi yang terbilang luas, mampu menampung helm fullface serta bisa menampung beberapa barang kebutuhan lainnya. Bagasinya sendiri bisa menampung beban maksimal 10 kg. Dan cukup menarik adalah di dalam bagasi ini ada lampu yang memang disediakan untuk penerangan. Dan akan secara otomatis menyala ketika bagasi dibuka.
Ada juga pelek sebesar 14 inchi didepan dan 13 inchi di belakang untuk pijakan yang stabil dan mantap dijalanan. Dan terakhir motor matik Kawasaki J125 ini semakin sempurna dan indah dengan adanya stoplamp yang sudah mengusung lampu LED.
Spesifikasi Kawasaki J125:
- DIMENSI
- Panjang 2,235 mm.
- Lebar 775 mm.
- Tinggi hingga 1,260 mm.
- Wheelbase 1,555 mm.
- Trail 113 mm.
- Sudut kemudi kiri dan kanan 40° / 40°.
- Jarak terendah ke tanah 145 mm.
- Kapasitas bahan bakar penuh 13 liter.
- Tinggi tempat duduk 775 mm.
- Berat kering motor 182 kg.
- Tipe Tubular Diamond, Steel
- Suspensi depan Teleskopik Fork 37 mm, travel 110 mm.
- Suspensi belakang Twin Shock with 5 - way adjustable preload, travel 100 mm.
- Rem depan memakai cakram tunggal 2 kaliper piston 260 mm (ABS)
- Rem belakang memakai cakram tunggal 2 kaliper piston 240 mm (ABS)
- Ban depan 120/80 - 14 M/C 58S
- Ban belakang 150/70 - 13 M/C 64S.
- Tipe mesin Liquid Cooled, 4 Stroke, Single Cylinder.
- Rasio kompresi 10,7 : 1.
- Sistem Valve : SOHC, 4 Valve
- Bore x stroke 54 mm x 54,5 mm.
- Kapasitas 125 cm³.
- Sistem bahan bakar : Fuel Injection Ø 27 mm x 1
- Sistem starter electric
- Pelumasan: Forced Lubrication, wet sump
- Transmisi CVT with centrifugal clutch
- Power maksimal 10,3 KW ( 14 PS ) / 9000 rpm
- Torsi maksimal 11,5 Nm
- Primary Reduction ratio : 2,201 - 0.829
- Final drive : Belt
Harga Kawasaki J 125 - Bulan Oktober 2016:
- Harga Kawasaki J125 - £3,799 ( 66 juta rupiah )
Posting Komentar
Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>