Menyandang nama "Duke", sepeda motor ini jelas masuk dalam keluarga streetfighter milik KTM. Lebih tepatnya adalah yang paling muda. KTM Duke 125 ini memiliki tampilan yang gagah dan padat serta absen dalam pemakaian full-fairing ala RC series. Cocok digunakan sebagai motor harian untuk menjelajahi jalanan perkotaan.
KTM Duke 125 bisa dikatakan sebagai sebuah standart baru di kelas 125cc. Pasalnya motor ini mengusung beberapa teknologi canggih yang masih sangat jarang sekali ada di kelas tersebut. Malah justru teknologi yang terpasang di kuda besi besutan pabrikan KTM kerap digunakan oleh sepeda motor bermesin besar. Motor ini dilepas dengan 2 pilihan warna yakni orange dan putih. Langsung saja berikut reviewnya dari motorcomcom tentang spesifikasi dan harga ktm duke 125 terbaru.
Desain dan Dimensi
Melirik kedesain dari KTM Duke 125 ini, meskipun yang paling muda dalam Duke Series, namun untuk soal penampilannya tak kalah anggota Duke lainnya. Malahan jika boleh motorcomcom katakan, sosoknya itu mirip banget sama kakaknya Duke 200 sama Duke 250 yang masuk dalam kelas yang berbeda.
Bagaimana bisa ya? ya tak usah heran. coba ingat saja kembali statement yang diungkapkan oleh pabrikan KTM dimana mereka memang sengaja melakukan hal tersebut ( memirip miripkan dengan yang lain) dengan alasan supaya para pemilik motor KTM itu tak merasa kurang apapun dalam performa yang disuguhkan oleh motor-motor KTM.
Dimensinya dari KTM Duke 125 sendiri sama dengan kakak-kakaknya Duke 200 dan 250. Memiliki panjang tubuh 2029 mm, lebar 836 mm dan tinggi 1267 mm. Untuk yang lainnya pun sama persis kawan, seperti jarak terendah ke tanah 170 mm serta tinggi jok buat rider 800 mm. Yang membedakan mungkin disisi dimensi ialah pada bobot motor ini sendiri yakni 135 kg. Sedangkan Duke 200 itu 129,5 kg & Duke 250 mencapai 139 kg.
KTM Duke 125 http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/125duke |
Motor streetfighter ini memiliki ergonomi yang nyaman dan tegak. Kaki rider bisa mencengkeram tubuh motor dengan baik mengingat tangkinya punya lekukan di kanan - kiri. Joknya lebar dan stang yang dipakai terbuat dari baja dengan diameter 26 / 22 mm. Ringan dan kuat saat digerakkan.
Mesin 124,7 cm³ EURO 3
Di sisi mesin, jagoan KTM ini menggunakan kubikasi mesin sebesar 124,7 cm³, 4 Katup, 1 silinder dengan teknologi DOHC. Layaknya KTM RC8 R, 4 katup di kepala silinder dari KTM Duke 125 ini dirancang secara khusus untuk meminimalisir gesekan yang terjadi saat mesin menyala. Tak cuman itu saja, hal ini juga bertujuan supaya tenaga yang dihasilkan bisa maksimal. Mesinnya sendiri menggunakan sistem pendingin cairan ( liquid cooled ) untuk menanggulangi overheat serta supaya bisa tetap dingin.
Dapur pacu KTM Duke 125 memiliki power maksimum 11 kW ( 15 HP ) / 9500 rpm dengan torsi puncak 11,8 Nm / 8000 rpm. Power serta torsi yang cukup melimpah dikelasnya tersebut berkat ukuran bore x stroke nya yang masing-masing 58 mm x 47,2 mm serta dengan pemakaian sistem pengapian Bosch EMS. Dalam sebuah test ride yang dilakukan, dengan trasmisi 6 kecepatan yang dimiliki motor streetfighter ini mampu berlari hingga kecepatan maksimal / top speed di angka 134 km/jam.
KTM Duke 125 Orange http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/125duke |
Suspensi & Pengereman Unggul Di Kelasnya
Berada di kelas 125cc, ternyata tak membuat KTM jadinya memberikan peralatan yang ala kadarnya. justru malah kebalikannya kawan. Pabrikan ini malah menjejalkan berbagai perangkat yang biasanya jarang ditemukan di kelas 125cc. KTM Duke 125 ini dibangun dengan chassis model trallis yang dirancang ringan. namun kuat untuk centralisasi massa dan juga buat presisi yang handal.
Yang menarik kawan, di bagian kaki-kaki tepatnya bagian suspensi. KTM Duke 125 ini sudah menggunakan suspensi depan tipe Upside Down WP Suspension 43 mm yang sama ukurannya dengan RC8R. Keren kan? kelas 125cc saja sudah pakai Upside Down.
Kemudian untuk bagian belakang KTM Duke 125 menggunakan Wp Monoshock yang terhubung sama light alloy swingarm. Dan asal tahu saja sistem ngelink nya itu serupa dengan sistem ada di KTM Duke 690. Mampu meredam getaran serta menunjang kestabilan saat dijalanan.
Beralih ke bagian kaki paling bawah, motor streetfighter KTM Duke 125 ini memakai pelek palang Y 17 inci dengan dibungkus ban ukuran 110/70R - 17 di depan dan ukuran 150/60R - 17 di belakang. Di sektor pengereman sepeda motor ini dilengkapi dengan cakram tunggal 4 kaliper piston 300 mm di depan & cakram tunggal 1 kaliper piston 230 mm.
Menariknya kawan, pengeremannya sudah di support sama teknologi ABS dari Bosch 9 mm. Dan asal tahu saja kalian bahwa sepeda motor KTM Duke 125 inilah yang menjadi pelopor pertama pemakaian ABS di kelas 125cc.
KTM Duke 125 Putih http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/125duke |
Fitur Unggulan Duke 125
KTM Duke 125 yang berkecimpung dikelas 125cc memiliki beberapa fitur unggulan yang bisa dikatakan hebat dan jarang ditemukan di kompetitornya. Hal ini mengingat memang ini produk global serta memiliki harga yang cukup mahal. Diantara fitur unggulannya adalah speedometer full figital dengan backrground warna orange mirip dengan milik KTM Duke 200 dan KTM Duke 250. Ada pula headlamp tunggal ukuran besar di depan serta stoplamp LED.
Kemudian ada suspensi depan tipe Upside Down. Bayangkan saja di indonesia motor yang kapasitas mesinnya mencapai 150cc saja belum pada pakai, ini masih 125 cc sudah pakai kawan. Lanjut ke fitur unggulan lainnya dari KTM Duke 125 ialah di sektor pengereman yakni sudah pakai cakram besutan pabrikan kenamaan Brembo serta sudah mengaplikasikan teknologi ABS dari Bosch. Terakhir adanya model knalpot ala moge di motor ini yang tak cuma buat tampilan namun juga untuk sentralisasi massa biar bisa stabil serta lincah ketika bermanuver. Kecil-kecil memang cabe rawit nih motor ya kawan.
Spesifikasi KTM Duke 125 :
- DIMENSI
- Panjang 2,029 mm.
- Lebarnya 839 mm.
- Tinggi hingga 1,267 mm.
- Tinggi tempat duduk 800 mm.
- Kapasitas tangki bahan bakar 11 liter.
- Berat kering motor 135 kg.
- Jarak terendah ke tanah 170 mm.
- Sudut kemudi 65°.
- Jarak sumbu roda 1,367 ± 15 mm.
- Steel Trellis Frame, Powder Coated
- Setang kemudi terbuat dari baja dengan diameter 26 / 22 mm.
- Suspensi depan pakai WP Upside Down berdiameter 43 mm, travel 150 mm dari Brembo.
- Suspensi belakang WP Monoshock, travel 150 mm dari Brembo.
- Roda : 3,00 x 17" di depan & 4,00 x 17" di belakang
- Ban : 110/70R - 17 ( depan ) & 150/60R - 17 ( belakang )
- Rem depan cakram 4 kaliper piston berdiameter 300 mm ( ABS BOSCH 9MB )
- Rem belakang cakram 1 kaliper piston berdiameter 230 mm ( ABS BOSCH 9MB )
- Tipe mesin 4 Stroke, DOHC, 4 Valve, Silinder tunggal, Liquid Cooled.
- Kapasitas mesin 124.7 cc.
- Bore x stroke : 58 mm x 47,2 mm
- Perbandingan kompresi rasio 12 : 1.
- Daya maksimum 11 kW ( 15 HP ) / 9500 rpm.
- Torsi maksimum 11,8 Nm / 8000 rpm.
- Gearbox 6 -speed
- Sistem pelumasan minyak
- Primary drive / secondary gear ratio : 22 : 72 / 14: 45
- Sistem bahan bakar : Bosch Electronic Control Fuel Injection
- Management / ignition : Bosch EMS
- Kopling: Wet Multiplate
- Sistem starter : Electric
Harga KTM Duke 125 - Bulan September 2016:
- Harga KTM Duke 125 - Rp. 30.000.000
Demikian kawan, artikel sederhana dari motorcomcom tentang spesifikasi dan harga ktm duke 125 terbaru saat ini. Bagaimana kawan? tertarik dengan sepeda motor streetfighter cita rasa eropa ini?. KTM Duke 125 memang motor pantas untuk dijadikan pilihan. Dengan spek mesin yang terbilang kecil, motor ini kaya dengan perangkat canggih seperti yang dimiliki motor kelas atasnya.
Posting Komentar
Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>